Category Archives: Uncategorized

Demi kalian para pembaca!

Halo!,

Saya sengaja meminimalisasikan kalimat pada setiap blog, agar memudahkan dan menarik kalian untuk membaca.

Semoga berhasil! xD

Advertisements

Ujian Tengah Semester : Creative Innovation

Hey para MAHAsiswa/i Indonesia. Bisakah kalian menjawab soal-soal uts saya?

1. “Identifikasi dan jelaskan peluang, prospek, dan kesempatan sebanyak-banyaknya bagi para mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi!”

Menurutku adalah,

Kalian tau peluang termudah untuk berkreasi didapat dimana? DI KAMPUS! mengapa? karena kampus adalah dunia maya dalam kehidupan. Disini anda dapat melakukan kesalahan tanpa resiko yang tinggi. Mahasiswa yang pintar menghabiskan banyak waktunya di kampus. Disini telah disediakan fasilitas untuk kita belajar dan berkarya. Jadi pergunakanlah fasilitas tersebut sebanyak-banyaknya.

Kalian tau prospek yang paling bagus untuk berinovasi ada dimana? DI KAMPUS! mengapa? karena kampus itu adalah kreatif level tertinggi. Yang bisa disebut “kreatif innovational”, dimana suatu hasil kreatif yang menghasilkan kreatif Lainya. Orang yang hidup di kampus adalah orang-orang yang terpelajar. Yang kalian temui setiap hari adalah kalimat penting dari dosen yang selalu bertambah disetiap harinya. Lingkungan kalian adalah orang-orang yang haus akan ilmu dan masa depan.

Kalian tau kesempatan terbesar untuk berinovasi dan berkarya ? DI KAMPUS! mengapa? karena dunia pekerjaan itu berasal dari kampus. Dengan itu kita tidak perlu repot-repot untuk mencari kesempatan tersebut. Berkaryalah dengan baik, maka kesempatan yang akan mencari kalian.

 

2. “Sebutkan masalah-masalah yang menghambat para mahasiswa untuk menjadi kreatif dan inovatif

Menurutku adalah,

Kalian itu malas untuk kekampus!! malas dengerin dosen!! sibuk dengan dunia luar kampus yang kurang bermanfaat!!

 

3. “Jelaskan solusi untuk mengatasi masalah-masalah pada nomor 2. Buat kesimpulan yang berisi 1 atau 3 point utama dari solusi anda!”

Menurutku adalah,

Apakah kalian sudah membaca jawaban menurut saya untuk soal no.1 ? Buang semua kemalasan untuk ke kampus!! Kalian tau kan bahwa tidak mudah menjadi seorang MAHAsiswa/i. Pergunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya. Jangan berfikir kampus itu adalah neraka. Menurutku, kampus itu satu-satunya tempat dimana aku bisa berbuat sesuka hati!

 

MAAFKAN bila ada salah dalam pemikiran saya. Ini semua hanyalah “menurutku adalah,”. TERIMA KASIH!

 

CATATAN!

5 Level Kreatif:

Kreatifitas level 1 (yang tidak ada menjadi ada)

Kreatifitas level 2 (kreatif komunikasi)

Kreatifitas level 3 (kreatif instrumental; menciptakan benda/alat)

Kreatifitas level 4 (kreatif orientasional; menciptakan sesuatu yang sudah ada yang tadinya kurang bermanfaat menjadi bermanfaat)

Kreatifitas level 5 (kreatif inovasional; yang menghasilkan kreatifitas baru) contoh: google apps.

4 Tipe Inovatif:

Inovasi teknologi, inovasi proses, inovasi produk dan jasa, dan yang terakhir adalah inovasi model bisnis.

Aku melakukan inovasi proses sebagai mahasiswa. Aku menganggap kampus itu tempat dimana aku bisa bertindak sesuka-hati. Dan aku mendapat banyak keuntungan dalam pemikiranku ini.

 

“The World is Flat”

Thomas Friedman percaya bahwa untuk memerangi krisis yang tenang dari dunia merata, Amerika Serikat tenaga kerja harus terus memperbarui keterampilan bekerja. Membuat tenaga kerja lebih mudah beradaptasi, Friedman berpendapat, akan tetap lebih dipekerjakan. Dia juga menyarankan bahwa pemerintah membuatnya lebih mudah untuk beralih pekerjaan dengan membuat manfaat pensiun dan asuransi kesehatan kurang bergantung pada majikan dan dengan menyediakan asuransi yang sebagian akan menutup kemungkinan penurunan pendapatan ketika mengubah pekerjaan. Friedman juga berpendapat harus ada lebih banyak inspirasi bagi pemuda untuk menjadi ilmuwan, insinyur, dan matematikawan karena penurunan persentase para profesional

 

Bismillahirrahmanirrahim.

INOVASI TERHEBAT !

INTERNET !

alasan ?

saya yakin kalian yang sedang membaca blog ini lewat internet pasti bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Kreatif ? Apple and the MAN!

Dengan kreatif itu hidup serasa lebih berwarna. Karena itu rata-rata manusia yang gembira suka membeli barang-barang kreatif walaupun memiliki harga yang lebih mahal.

Sosok paling kreatif menurut saya adalah…. Steeve jobs, dia tidak kenal lelah dalam ber-ide. Memang banyak manusia yang memiliki pemikiran-pemikiran canggih. Tapi menurut saya itu semua tidak ada artinya bila tidak direalisasikan. Dan Steeve terbukti dapat melampiaskan banyak idenya di dunia nyata.

Dan perusahaan terkreatif menurut saya dan banyak manusia di dunia ini adalah Apple. Mengapa? Karena memiliki seorang Steeve Jobs.

RIDWAN KAMIL

Ini pertama kalinya saya menghadiri kelas Creative Inovation (CI). Ternyata saya beruntung karena ternyata hari ini kedatangan guest lecture. Dan dia itu bernama Ridwan Kamil.

Kakak Ridwan mengajarkan point-point penting untuk menjadi creative entrepreneur:

INNOVATIVE: berfikirlah diluar pemikiran manusia pada umumnya.

RISK TAKER: beranikanlah untuk mengambil resiko setelah memperhitungkan besarnya resiko tersebut

VISIONARY: setting achievable goals

STRONG LEADERSHIP: seorang entrepreneur wajib berjiwa pemimpin dan pintar memotivasi sekitar.

PROBLEM SOLVER: masalah selalu ada. Kita harus tau persis apa inti permasalahan, lalu cari jalan keluarnya.

AGENT OF CHANGE: in developing world

Berikutnya kakak Ridwan juga mengajarkan kami step untuk berinovasi:

OBSERVASI

SELECT

THINK DIFFERENT

MAKE PLAN

SCALABLE

DESIGN / TECHNOLOGY

NETWORKING

INNOVATIVE MARKETING

Saya terlalu kagum dengan ka Ridwan sehingga tidak sempat banyak menulis semua perkataanya. Tapi menurut saya pelajaran yang dapat saya rangkum adalah point-point ini. Selebihnya hanya terekam di otak kanan saya dan susah untuk dijelaskan dengan kata-kata.

Terimakasih kakak Ridwan Kamil!

(?!) INDONESIA negara terkreatif

Indonesia Negara terkreatif dan terinovasi (menurut saya, hihihi).

Alasanya itu karena saya tinggal di Indonesia. Jadi saya kurang tau deh di Negara lain itu kaya gimana. x )

Diluar sana ada ga yah penjual gorengan yang minyaknya digoreng sekaligus plastik ? ini sangat mudah dan enak loh! (kreatifitas level 4, kreatif orientasional; menciptakan sesuatu yang sudah ada yang tadinya kurang bermanfaat menjadi bermanfaat)

Diluar sana kepikiran ga yah jual sinetron yang isinya nangis nemplok tembok doang ? disini laku keras!(kreatifitas level 4, kreatif orientasional; menciptakan sesuatu yang sudah ada yang tadinya kurang bermanfaat menjadi bermanfaat)

Diluar sana ada makanan yang ga pernah ngebosenin kaya Indomie ga ? 1000 rupiah!!  (kreatifitas level 1 yang tidak ada menjadi ada)

Di Indonesia itu, yang gampang-gampang aja bisa jadi duit banyak! Ngapain susah susah bikin robot kalo nyantai kayak pengamen aja bisa makan di mc.d?

Nama Omar Yusuf Tadjoedin ?

OMAR diambil dari tokoh innovator yang ayah saya dambakan.

YUSUF itu manusia terganteng di dunia (katanya)

TADJOEDIN adalah nama family kami

 

Hmm… saya bersyukur diberikan nama ini.

Mengapa?

Bila anda bertemu dengan saya, nama ini dapat meyakinkan anda bahwa saya adalah seorang muslimah.

Mengapa?

Karena saya sipit. Hihihhi…